Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes Melitus atau umum dimaksud penyakit kencing manis yaitu penyakit kritis yang bakal dihadapi seumur hidup oleh pasien. Ada 3 jenis tipe diabetes, yakni tipe 1, diabetes tipe 2 dan tipe gestasional.

Tipe 1 diabetes yaitu penyakit autoimun dan berbentuk genetik. Sesaat diabetes tipe 2 dimaksud juga penyakit pola hidup dan mewakili sekitaran 95% dari semuanya masalah diabetes yang ada.

Diambil dari Federasi Diabetes Internasional, th. 2015 pasien tipe 2 diabetes di Indonesia diprediksikan meraih 10 juta orang, dengan rentang umur pada th. 20 sampai 79 th..

Dari demikian banyak pasien diabetes tipe 2 itu, cuma sekitaran separuh dari mereka yang mengerti keadaannya. Satu riset dikerjakan oleh Riskesdas (Penelitian Kesehatan Basic) dari Kementrian Kesehatan Indonesia pada th. 2013.

Hasil riset temukan sekitaran 6, 9 % atau lebih kurang 12 juta dari keseluruhan masyarakat Indonesia yang berumur diatas 15 th. menanggung derita diabetes tipe 2.

Di mana dari jumlah itu diatas, cuma 26 % saja yang terdiagnosa, sesaat bekasnya tak mengerti dianya menanggung derita diabetes tipe 2.
Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Diabetes Melitus Tipe 2
Gejala dan cara mengobati diabetes tipe 2

Gejala Diabetes Tipe 2


Seorang yang mempunyai aspek resiko menanggung derita diabetes seperti mempunyai anggota keluarga yang mengidapnya, butuh lakukan kontrol diri dengan cara awal, satu diantaranya dengan memerhatikan beberapa gejala diabetes tipe 2.

Dengan tahu mulai sejak awal, jadi langkah antisipasi bisa dikerjakan supaya pasien bisa terlepas dari komplikasi diabetes yang beresiko.

Gejala diabetes tipe 2 adalah gejala classic, tujuannya, beberapa gejala diabetes tipe 2 senantiasa ada didalam diabetes tipe apa pun, baik tipe 1 ataupun tipe 2. Karenanya diagnosis butuh ditegakkan dengan pas dengan berkunjung ke dokter.

Berikut ini beberapa gejala diabetes melitus tipe 2:


  • Sering terasa haus 
  • Sering buang air kecil, terlebih pada malam hari 
  • Rasa lapar yang sangat 
  • Gampang terasa kelelahan 
  • Massa otot yang makin berkurang 
  • Berat tubuh berkurang 
  • Apabila alami luka, lambat pulihnya, bahkan juga sering alami infeksi 
  • Pandangan jadi kabur


Seperti Anda cermati, gejala diatas begitu umum dan adalah gejala dari beberapa ratus jenis penyakit lain yang tak ada hubungan dengan diabetes tipe 2.

Apabila Anda rasakan beberapa gejala itu diatas, selekasnya tanyakan keadaan Anda pada dokter, dengan hal tersebut Anda dapat selekasnya memperoleh perlakuan dan penyembuhan awal.

[ Baca juga: Gejala diabetes ]

Penyebab Diabetes Tipe 2


Lantas, apa yang mengakibatkan seorang dapat diserang tipe 2 diabetes? Sebelumnya mengulas penyebab diabetes tipe 2, sebaiknya Anda tahu bagaimana metabolisme glukosa pada badan Anda bekerja.

Didalam perut, air ludah dan zat kimia merubah makanan yang Anda makan jadi glukosa di mana glukosa bertindak sebagai sumber paling utama daya untuk sel badan.

Dalam organ hati, badan juga menaruh beberapa gula, namun berbentuk glikogen. Nah, apabila Anda tak makan dengan benar atau glukosa didalam darah Anda rendah, glikogen ini yang bakal dihancurkan dan beralih jadi glukosa.

Selanjutnya, aliran darah menyerap gula dan membawanya ke sisi sel yang memerlukan. Tetapi, tanpa ada pertolongan insulin, sel tidak bisa memakai daya.

Insulin dibuat oleh organ pankreas. Pankreas yang terima tanda kalau ada glukosa didalam darah bakal menghasilkan insulin semakin banyak.

Setelah itu, dengan membiarkan glukosa masuk sel badan, insulin bakal kurangi jumlah gula darah, dan automatis produksi insulin didalam pankreas juga alami penurunan.

Permasalahan dapat muncul, dapat sel tidak mengetahui insulin. Mengakibatkan hormon insulin tidak dapat menolong sel untuk memakai glukosa sebagai daya. Lantas apa yang berlangsung? Glukosa, selalu berdiam didalam darah, dan lama kelamaan bakal menumpuk disana.

Disamping itu, pankreas Anda selalu menghasilkan insulin berlebihan lantaran ada kandungan glukosa yang tinggi didalam darah, walau sebenarnya sel badan tidak bisa memakainya untuk menyerap glukosa. Keadaan berikut yang mengakibatkan diabetes tipe 2.

Sekarang ini, beberapa pakar kesehatan masihlah selalu mencari tahu deskripsi penuh mengenai penyebab diabetes tipe 2. Tetapi, keunggulan berat tubuh dan aspek genetik diduga sebagai satu diantara aspek penyebab resiko paling utama dari diabetes melitus tipe 2 ini.

Nasi putih dan minuman soda dimaksud satu diantara penyebab diabetes tipe 2 lantaran mempunyai kalori yang begitu tinggi, mengakibatkan berat tubuh jadi tambah dengan cepat. Beberapa orang yang mempunyai keunggulan berat tubuh dan kurang bergerak, berisiko diserang diabetes tipe 2.

Jadi gaya hidup tak aktif jadi penyebab intinya. Tersebut kenapa, penyakit ini dahulu banyak diketemukan pada beberapa orang dewasa. Tetapi, sekarang ini jumlah pasien diabetes tipe 2 pada anak-anak mulai bertambah.

Mengobati dan Mengatasi Komplikasi Diabetes Tipe 2


Untuk mengobati diabetes tipe 2, diagnosis awal begitu diperlukan supaya diabetes dapat diakukan sesegera mungkin saja. Karenanya ada deteksi awal, sangat mungkin kandungan gula darah pasien diabetes dapat dikendalikan.

Walau diabetes tidak bisa sembuh, penyembuhan yang dikerjakan mempunyai tujuan untuk menjaga keseimbangan kandungan gula darah dan untuk mengatur gejala untuk mencegah komplikasi selanjutnya.

Dalam periode panjang, komplikasi paling serius dari diabetes melitus tipe 2 yaitu penyakit jantung, yang bisa mengakibatkan serangan jantung, nyeri dada, stroke, amputasi, dan bahkan juga kematian.

Orang dengan diabetes tipe 2 mempunyai resiko rata-rata 2 x penyakit kardiovaskular dibanding dengan mereka yg tidak alami diabetes.

Tetapi, Anda bisa kurangi resiko itu lewat cara :


  • Berhenti merokok 
  • Mengelola tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dengan diet, berolahraga, dan obat-obatan 
  • Mengambil aspirin dosis rendah (81 mg) sehari-hari, bila anda tanda-tanda


Sebagian riset sudah tunjukkan kalau sebagian obat diabetes dapat juga kurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Obat Diabetes Tipe 2


Diabetes melitus tipe 2, adalah penyakit progresif. Tersebut kenapa pasien penyakit ini memerlukan obat-obatan untuk melindungi keseimbangan kandungan gula darahnya.

Sekarang ini ada beberapa obat-obatan oral (pil) yang ada untuk mengobati penyakit diabetes melitus tipe 2, yakni :

1. Metformin 

Obat diabetes ini yaitu pilihan pertama yang biasanya diresepkan pada pasien diabetes yang mempunyai berat tubuh berlebihan dan masihlah mempunyai manfaat ginjal yang normal.

Contoh nama merk yang ada di market yaitu Glucophage, Glumetza, Riomet, Fortamet. Metformin bekerja lewat cara tingkatkan kekuatan badan dalam merespon insulin hingga bisa turunkan kandungan gula darah yang tinggi (glukosa).

Pasien diabetes yang juga mempunyai permasalahan ginjal, liver, dan penyakit jantung serta pasien yang alkoholik tak bisa minum obat diabetes metformin.

2. Sulfonilurea 

Sulfonilurea sudah dipakai untuk mengobati diabetes tipe 2 sepanjang bertahun-tahun. Sulfonilurea bekerja lewat cara tingkatkan kandungan insulin badan untuk turunkan kandungan gula darah hingga 20 %.

Sayangnya seiring berjalannya waktu, sulfonilurea bakal berhenti bekerja. Obat diabetes tipe 2 ini biasanya dipakai bila metformin tak mencukupi dalam mengontrol kandungan gula darah. Seperti metformin, Anda tak bisa konsumsi sulfonilurea bila mempunyai permasalahan tidak berhasil ginjal.

Ada banyak paten dari obat sulfonilurea yang ada yakni Glucotrol, DiaBeta, Micronase, Glynase, Amaryl. Pilihan obat bergantung pada cost dan ketersediaan.

3. Suntik Insulin 

Di saat lantas, penyembuhan dengan suntik insulin diberikan pada pasien diabetes tipe 2 yang gula darahnya tidak bisa dikontrol dengan pemakaian obat-obatan oral dan pergantian pola hidup.

Tetapi sekarang ini, terdapat banyak bukti kalau memakai insulin pada step awal bisa tingkatkan kontrol diabetes keseluruhannya dan menolong pankreas menghasilkan insulin.

Suntikan insulin bisa dipakai sebagai penyembuhan pertama pada sebagian orang dengan diabetes tipe 2, atau bisa pula ditambahkan atau pengganti dari obat-obatan oral. Insulin mesti disuntikkan oleh pasien atau anggota/rekan keluarga.

4. Thiazolidinediones 

Termasuk juga kedalam kelas obat-obatan ini yaitu pioglitazone (nama merk : Actos) dan rosiglitazone (nama merk : Avandia), yang bekerja turunkan kandungan gula darah dengan tingkatkan sensitivitas badan pada insulin.

Obat thiazolidinediones di ambil berbentuk pil dan biasanya dikonsumsi berbarengan dengan obat lain seperti metformin, sulfonilurea, atau insulin.

Diet dan Olahraga


Hal utama selanjutnya yaitu merubah pola hidup. Pasien diabetes tipe 2 dapat mengatur penyakit yang dideritanya dan meminimalisir komplikasi yang mungkin saja berlangsung, lewat cara mengaplikasikan gaya hidup sehat, olahraga dengan teratur, berhenti konsumsi minuman mengandung alkohol dan berhenti merokok.

Mengaplikasikan gaya hidup sehat, begitu diperlukan oleh pasien tipe 2 diabetes, lantaran bila diabaikan, pasien diabetes bakal alami komplikasi yang begitu beresiko. Kandungan gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan rusaknya pada pembuluh darah, saraf, dan organ badan.

Berolahraga teratur bisa menolong pasien diabetes tipe 2, bahkan juga sebagian jenis berolahraga bisa tingkatkan kekuatan badan dalam merespon insulin.

Aktif bergerak dan cuma konsumsi makanan sehat yaitu satu diantara cara mencegah penyakit diabetes melitus yang begitu direferensikan beberapa pakar dan dokter.

Jauhi Stres


Orang dengan diabetes tipe 2 kerap terasa stres akibat tanggung jawab yang bertambah akibat diabetes, seperti tes teratur gula darah, diet, berolahraga, kunjungan dokter, mengkonsumsi obat-obatan, dan potensi resiko ada komplikasi.

Terlebih bila pasien terasa manfaat dari penyembuhan tak sepadan dengan usaha yang dikerjakan. Hal semacam ini seringkali mengakibatkan munculnya depresi yang mengakibatkan perawatan jadi lebih sulit

Dalam soal ini pasien butuh didukung dari keluarga dan rekan-rekan dalam mengelola penyakit yang dihadapi.

Sekian info singkat mengenai diabetes tipe 2. Walau tidak bisa sembuh, penyakit ini bisa dikelola supaya kwalitas hidup pasien tetaplah baik dan terlepas dari penyakit komplikasi lain.

Dengan tahu apa sajakah aspek penyebab diabetes tipe 2, kita bisa terlepas dari penyakit itu, terlebih bila kita mempunyai aspek resiko seperti mempunyai aspek genetik.
kesehatan...
Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Diabetes Melitus Tipe 2 | MAM | 5